Rabu, 06 April 2011

NIC (Network Interface Card)

Disini saya akan menjelaskan cara instalasi koneksi NIC sampai mengoneksi ke internet.

1.         Yg pertama dilakukan siapkan hardware berupa network card.
Setelah itu pasangkan dengan benar network card tersebut ke computer anda yg lebih tepatnya di motherboard anda. Dan ini untuk komputer desktop(bukan laptop)

Gambar lan card atau bisqa disebut network card.


2.                  setelah itu nyalakan computer dan tunggu smpai prosses booting selesai. Setelah itu klick kanan properties di my computer yg ada di menu start seperti gmbar yg ada dibawah ini.

3.                  setelah itu pilih menu device manager


4.                  sebelum kita melanjutkan pada langkah selanjutnya, pastikan dahulu tidak ada program lain yang berjalan

5.                  klik Next untuk memulai instalasi driver NIC. “windows secara otomatis akan mencari device ‘plug and play’ yang baru kita pasangkan

6.                   bila divice tsb “plug and play” cocok, maka akan terdeteksi dan akan muncul pada layar, klik next

7.                  untuk menentukan lokasi driver dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. secara otomatis, jadi dengan cara ini windows lah yang akan mencari driver yang dibutuhkan.

2. manual, cara ini dianjurkan jika kita sudah tahu lokasi driver yang diperlukan, karena dengan cara ini kita lah sebagai pengguna yang menetukan dimana lokasi driver tersebut.
Dari kedua cara tersebut saya menyarankan menggunakan cara yang pertama selain lebih mudah, juga bisa mengurangi prosentasi kegagalan.

8.                  klik next, windows akan menentukan lokasi (drive) dimana driver tersebut ada, di C,D,E di cd-rom ataupun di floppy disk

9.                  bila best driver tersebut telah ditemukan maka widows langsung menginstalkan driver tersebut, dan proses instalasi selesai.

10.                  bila device tersebut non “plug and play” maka ada dua pilihan, pertama biarkan windows mencari sendiri atau kita sendiri yang memilih dari list yang disediakan kita pilih pilihan yang kedua. Klik next>next lagi>lalu tentukan jenis device>next>tentukan pabrik pembuat device tersebut, jika anda memiliki driver installer nya, langsung aja klik “have disk”

11.                  proses penginstalan selesai, dan anda hardware sudah dapat dipergunakan.

12.                  Langkah selanjutnya mengkoneksi antara kabel UTP RJ-45 cukup dengan memasangkan kabel tersebut ke Network Card. Seperti fambar di bawah ini.
 

13.                  langkah pemasanganpun selesai
 

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by helmi avicenna | Bloggerized by Menagement Informatika | POLTEK MALANG